Jumat, 06 Juli 2018

My Weekly Skincare Routine (Versi 2018)


Setelah sharing tentang morning skincare dan night skincare yang aku gunakan, sekarang aku mau sharing juga weekly skincare routine nya. Karena ada beberapa produk yang emang nggak bisa digunakan setiap hari. Biasanya hanya bisa digunakan 1-2 kali seminggu. Aku biasa pake weekly skincare ini pas weekend lagi nyantei dirumah sih, itung-itung “me time” lah ya setelah weekdaynya sibuk banting tulang, wkwk (sibuk gitu???). Kuy ah baca sampe abis ya..

1. Exfoliator



Tahapan eksfoliasi dalam weekly skincare routine itu sangat penting karena manfaat eksfoliasi banyak banget. Misalnya membantu mengangkat komedo dan sel-sel kulit mati, bikin kulit wajah jadi lebih halus dan segar, dan membantu kerja skincare lainnya jadi lebih optimal. Saat ini aku pake dua produk eksfoliasi. Pertama aku pake Himalaya Gentle Exfoliating Daily Face Wash. Ini agak bingung sih sebenernya apakah produk ini dikategorikan sebagai eksfoliator atau facial wash. Tapi karena produk ini mengandung butiran-butiran scrub (yang katanya kalo scrub nggak boleh dipake tiap hari) jadi aku fungsikan ini sebagai eksfoliator aja. Butiran scrubnya emang kasar sih tapi untungnya sampe saat ini produk ini nggak bikin reaksi aneh-aneh dikulit wajahku. Malah bisa dibilang produk ini ampuh ngangkat komedo dihidungku dan bikin kulit wajahku jadi lembab juga, ya walaupun setelah pake ini kulit jadi agak ketarik sih tapi nggak parah kok. Aku pake produk ini kurang lebih tiga hari sekali walaupun dikemasan produknya tertera bisa digunakan tiap hari. Kedua, aku pake The Ordinary AHA BHA. Satu merek dengan serum yang aku punya jadi harapanku mudah-mudahan eksfoliator dan serum yang aku gunakan bisa saling bantu membantu biar bisa bekerja lebih maksimal (wkwk bantu membantu). Warna produk ini merah kayak darah dan hanya boleh digunakan tiap 4 hari sekali dengan waktu maksimal 10 menit tiap kali pake, nggak boleh lebih. Reaksinya pas pake produk ini ada sensasi cekit-cekit gitu dikulit. Tapi besok-besoknya abis pake ini kulit wajahku jauh lebih lembut dan minyak diwajah jadi lebih berkurang. Ini juga aku beli yang share in jar nya karena baru pertama kali nyobain. Kemasan share in jar ini berat isinya sekitar 5ml aja dan ini awet banget karena cuma dipake 4 hari sekali aja.

2. Pore Strip

Pore strip ini fungsinya buat ngangkat komedo. Ini sebenernya aku iseng beli di Guardian waktu ada promo +1000 dapat 2, lumayan kaaan. Dan pas aku cobain ternyata cocok juga dan ampuh ngangkat komedo dihidungku. Ada tahapan biar produk ini bisa bekerja secara optimal, yaitu pertama aku pake cleanser dulu, kemudian eksfoliator buat ngangkat sel-sel kulit mati, selanjutnya facial wash, dan toner, barulah kemudian aku pakai pore strip ini. Cara pemakaian pore strip ini bener-bener ikutin anjuran dari pihak pabriknya ya. Aku pake pore strip ini pas dihidung lagi bener-bener banyak komedo membandel aja sih, jadi nggak terlalu sering juga.

3. Mask



Biasanya aku males banget pake masker dan sering lupa juga. Tapi kali ini aku semangat banget kalo pake masker ini. Mungkin karena manfaatnya yang luar biasa nyata dan juga harganya yang mahal, wkwk. Jadi kalo nggak kepake bahkan sampe keburu kadaluarsa rasanya sayang banget, wkwk. Ada dua jenis masker yang aku punya, yaitu yang pertama Innisfree Super Volcanic Pore Clay Mask dan yang kedua Aztec Secret Indian Healing Clay yang dicampur sama Bragg ACV. Aku seneng banget sama masker jenis clay mask, haha. Dan lagi-lagi ini bukan kemasan full sizenya. Innisfree aku dapetin dari welcome kit pas aku daftar jadi member Innisfree, jadi ini semacam sample kit. Sedangkan Aztec aku beli kemasan share in jar nya dengan berat sekitar 50gr. Nah kalo Bragg ACV ini aku beli kemasan full sebotol ukuran 473ml karena selain buat campuran masker, aku konsumsi Bragg ACV juga yang dicampur sama raw honey. Next juga aku pengen nyobain bikin toner dari cuka apel ini, katanya sih bagus. Oh ya, sedikit ngomongin Bragg ACV, dibeberapa orang katanya rasa dan baunya nggak enak, tapi kalo di aku enak-enak aja wkwk, lebih enak nyium baunya Bragg ACV daripada nyium bau skincare atau kosmetik berparfum atau beralkohol tinggi. Kembali ngomongin masker, kalo dari segi kepraktisan, pasti lebih praktis Innisfree karena bisa tinggal langsung oles-oles aja, sedangkan Aztec lebih ribet karena bentuknya serbuk dan harus dicampur sama Bragg ACV dulu. Dari segi harga? Mahal cyiin dua-duanya (hiks hiks kuharus nabung dulu buat beli mereka semua). Innisfree maupun Aztec ini berfungsi buat mengatasi jerawat, komedo, bruntusan, pori-pori besar, dan sebagainya pokoknya masalah-masalah tipe kulit berminyak.

Itu aja sih weekly skincare yang aku gunakan saat ini. Jangan takut sama efek para skincare ini, karena yang pasti pakailah dengan telaten biar hasilnya maksimal, iye kan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Lima Tantangan Ramadan yang Ingin Aku Jadikan Kebiasaan

Tiap bulan ramadan tiba rasanya senenggg banget. Seneng karena masih diizinkan Allah SWT ketemu sama bulan ramadan lagi. Waktu bergulir, kir...